Selasa, 12 Oktober 2010

Dampak Perkembangan Wireless : Teknologi komunikasi , Bisnis - Akuntansi

Pendahuluan

Perkembangan jaringan saat ini cenderung mengarah ke wireless networking. Salah satu keungulan wireless adalah praktis dan tidak rumit dalam penggunaannya. Wireless merupakan jaringan tanpa kabel . Dalam penggunaan wireless ini , seluruh kegiatan manusia dapat dicapai dengan mudah tanpa adanya suatu kesulitan yang kentara untuk mengelola semua hal . Terutama dalam jalannya pentransferan data yang akan semakin mudah . Dan dapat dilakukan kapan saja, dimana saja .

Lalu bagaimana dampak nya yang akan terjadi pada teknologi komunikasi dan dunia bisnis ? Komunikasi antar individu atau antar kelomopok akan semakin mudah .Dan juga pada dunia bisnis ,mungkin akan terjadi perkembangan bisnis yang pesat pula . Oleh karena itu , disini saya akan menjelaskan dampak perkembangan wireless pada teknologi komunikasi dan dunia bisnis .

Wireless dan Perkebangannya .

Seperti yang kita ketahui , wireless adalah pengiriman data tanpa kabel .

Perkembangan wireless diawali dengan adanya wireless pada Local Area Network (LAN) . Pada dasarnya, LAN adalah jaringan yang terbentuk dari gabungan beberapa computer yang tersanbung oleh kabel (jaringan) , sehingga Wireles LAN adalah sambungan LAN tanpa kabel . Lalu bagaimana semua computer ini dapat tersambung ?

Wireless LAN muncul dan berkembang sesuai kebutuhan untuk akses yang tidaj lagi membutuhkan kabel sebagai media transmsinya . Dengan menggunakan gelombang radio/frekuensi radio (fR) atau menggunakan infrared (iR) untuk memberi koneksi jaringan ke seluruh pengguna dalam area disekitarnya .

Wireless LAN pertama kali dikembangkan oleh IMB (yang merancang teknologi infrared) dan Hewlett-Packard (yang merancang teknologi frekuensi radio) di akhir tahun 1970-an . Dikarenakan kecepatannya yang hanya mencapai 100kbps pada saat itu tidak memenuhi standar IEE , maka produk ini tidak dipasarkan . Di tahun 1990 , wireless LAN dapat dipasarkan dengan produk yang menggunakan teknik spread spectrum,dengan frekuensi 18-19Hz dan teknolodi infrared mencapai >1 Mbps

.Di tahun 1997 telah ditetapkan suatu standarisasi baru mengenai jaringan , sayangnya kecepatan komunikasi datanya baru 2 Mbps . Maka muncullah pertama kali di tahun 1999 spesofokaso baru yang mencapai 11Mbps, tetapi terdapat kelemahan , dimana banyaknya alat alat lain yang juga menggunakan delombang radio pada frekuensi 2.4GHz in , sepert cordless phone,microwave,dll.Jadi dimungkinkan akan terjadi banyak gangguan performa eireless LAN tipe ini .

Di tahun 2006, sampai yang kita ketahui saat ini , wireless telah amat berkembang ,lebar frekuensi yang sama , dapat mencapai kecepatan transfer data sebesar 100Mbps . Daya tembus MIMO (Multiple Input Multiple Output) yang merupakan teknologi Wi-Fi terbaru pun sangat baik . Dan jangkauannya un lebuh luas, sehingga kita dapat menggunakan layanan dengan menempatkan laptop atau pengguna Wi-Fi dengan sesuka hati.

Wi-Fi

(antena Wi-Fi yang terpasang di salah satu antena rumah )

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Wi-Fi

Istilah Wi-Fi atau Wireless Fidelity digunakan sejak tahun 1930-an diciptakan oleh-perusahaan konsultan merek disebut Interbrand Corporation .

Wi-Fi merupakan sebuah permainan kata dengan Hi-Fi , yang juga diambil dar yin-yang yang menciptakan logo Wi-Fi.

Wi-Fi memiliki 2 cara kerja atau biasa di kenal dengan mode operasi, yaitu :

  1. Mode Managed

Mode Managed menggunakan titik akses yang berfungsi mengatur lalu lintas data. Titik akses ini berfungsi seperti pusat transfer data. Kelebihan mode ini adalah transfer data lebih cepat, cakupan area yang lebih luas, serta pengaturan dan keamanan data lebih terjamin. Mode ini biasanya di gunakan untuk hotspot wifi dan perkantoran yang memerlukan stabilitas dan keamanan data.

  1. Ad Hoc

Ad Hoc menggunkan koneksi antar device Wi-Fi peer too peer. Kelemahan mode ini adalah bila device Wi-Fi yang terhububg terlalu banyak, transfer data jadi lambat. Keuntungannya, lebih murah dan praktis bila yang terkoneksi Cuma 2 atau 4, tanpa perlu membeli titik akses.

Keunggulan dan Kelemahan Wi-Fi

Kelebihan Wi-Fi :

1. Memungkinkan Local Area Network untuk di pasang tanpa kabel, hal ini juga sekaligus akan mampu mengurangi biaya untuk pemasangan dan perluasan jaringan. Selain itu juga Wi-Fi dapat dipasang di area yang tidak dapat di akses oleh kabel, seperti area outdoor

2. Wi-Fi merupakan pilihan jaringan yang sangat ekonomis karena harga paket ship Wi-Fi yang terus menurun

3. Produk Wi-Fi tersedia secara luas di pasaran

4. Wi-Fi adalah kumpulan standard global di mana klien Wi-Fi yang sama dapat bekerja di negara-negara yang berbeda di seluruh dunia

5. Protocol baru untuk kualitas pelayanan damn mekanisme untuk penghematan tenaga membuat Wi-Fi sangat cocok untuk alat yang bentuknya sangat kecil

6. Network ini di design untuk punya symetric up and down speed

Kelemahan Wi-Fi yakni :

1. Pengguanaan baterai relative lebih tinggi apabila dibandingkan dengan penggunaan standar, sehingga menyebabkan baterai cepat lemah atau habis (mempersingkat daya tahan baterai) dan menyebabkan panas

2. Bentuk Wireless enkripsi standar yang paling terkemuka. Wired Equivalent Privacy atau di persingkat WEP, telah menunjukkan fakta bahwa ia dapat di hancurkan (dikacaukan sinyal atau frekuensinya) meskipun telah di konfirmasikan secara benar.

3. Jaringan Wi-Fi bisa di monitor dan di gunakan untuk membaca dan menduplikasikan data (termasuk di dalamnya data0data pribadi) yang disalurkan melalui jaringan ketika tidak ada akses tertutup, seperti VPN.

4. Jika tembok batas akses Wi-Fi tidak terproteksi secara kuat untuk sebatas pada pemakai intern, maka network Wi-Fi bisa di akses bebas ber-internet.

Selain itu ,kapanpun user berkomunikasi melalui internet dengan menggunakan koneksi wireless, user pasti ingin selalu memastikan bahwa komunikasi dan data yang digunakan aman dan terproteksi. Jika transmisi yang digunakan tidak aman maka hal tersebut akan beresiko pada keamanan e-mail yang berhubungan dengan bisnis, file-file perusahaan, dan bisa juga jaringan serta koneksi internet yang didistribusikan untuk mengirim pesan komunikasi dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Tingkat keamanan dari suatu jaringan internet, tergantung dari bagaimana cara internet tersebut di gunakan.

Internet

Wi-Fi diaktifkan kedalam computer pribadi , video game , smartphone dan lainnya yang bertujuan untuk menghasilkan suatu sambungan tanpa kabel dalam mendapat / mentransfer data internet . Jalur akses yang mencakup satu atau lebih yang saling berhubungan disebut hotspot yang dapat terdiri dari satu daerah kecil seperti beberapa kamar,juga cakupan yang lebih besar yang tergantung pada jalur akses (acces point) dengan cakupan tumpang tindih .Selain penggunaan pribadi di rumah dan kantor, Wi-Fi dapat menyediakan akses publik di hotspot Wi-Fi disediakan baik-gratis-biaya atau untuk pelanggan untuk berbagai layanan komersial. Seperti di pusat perbelanjaan , hotel ,restoran , yang digunakan untuk membantu klien ,selain itu juga dapat menjadi daya tarik .

Karena , apabila misalnya di salah satu restoran terdapat fasilitas hotspot , maka calon pengunjung aan merasa diuntungkan dengan adanya fasilitas ini . Selain mendapatkan layanan dari restoran , pengunjung pun dapat menikmati layanan internet secara gratis .

Penggunaan Wireless

Penggunaan wireless sering kita jumpai di sekitar sekeliling kita . Banyak tempat yang menyediakan layanan hotspot . Seperti di kampus,restoran,pusat perbelanjaan dan lain lain. Kerap kali kita mengartikannya bahwa menggunakan layanan wireless yang stu ini kita membutuhkan laptop .

Padahal tanpa kita sadari ,telepon seluler yang kita miliki pun memiliki fungsi yang sama , jaringan nirkabel . Begitu pula bagi telepon seluler yang memilik fitur WiFi , sehingga dapat mengoptimalkan layanan hotspot dengan menggunakan teleponnya tersebut .

Begitu pula yang terjadi di perusahaan perusahaan . Terutama di perusahaan besar yang akan menjadi motorik bisnis .

Mungkin , dewasa ini , penggunaan wireless dalam skala kecil sudah tidak aneh lagu . Dalam lingku kecil dan sederhana seperti di dalam rumah pun sudah kerap kali degunakan .

Dampak Perkembangan Wireless

  • Pada Teknologi Komunikasi

Komunikasi : proses penyampaian suatu ide, gagasan , pendapat pada pihak yang lain , dengan tujuan untuk saling mempengaruhi satu sama lain .

Teknologi komunikasi : perangkat keras (hardware)dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses, dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu lainnya .

Salah satu faktor perkembangan teknologi komunikasi yang ada adalah dengan adanya teknologi wireless yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi tanpa menggunakan kabel lagi. Namun seiring perkembangan teknologi wireless, terdapat banyak mitos yang mulai muncul. Seperti, kecepatan wireless yang tidak akan pernah menyusul dengan kecepatan wired maupun tingkat keamanan teknologi wireless yang tidak terjamin. Namun mitos-mitos tersebut terbukti tersisihkan dengan semakin majunya teknologi. Seperti kepercayaan dimana wired selalu lebih cepat dibandingkan wireless yang mulai berubah dengan semakin banyaknya pembangunan pemberlakuan wireless yang memungkinkan teknologi ini akan menyusul kecepatan teknologi wired di masa yang akan datang .

Teknologi wireless merupakan salah satu faktor dari dampak perkembangan teknologi komunikasi yang cukup signifikan. Seperti yang diketahui, dampak dari perkembangan teknologi komunikasi telah mengubah paradigma berpikir kita bahwa setiap orang dapat dihubungi kapan saja dan dimana saja. Perkembangan teknologi hingga mencapai pemikiran seperti ini memiliki keuntungan dan kerugiannya. Salah satu keuntungannya adalah terbukanya kesempatan bagi Negara berkembang untuk mengakses lebih banyak informasi. Contoh kerugiannya adalah munculnya anggapan oleh manajer bahwa karyawannya dapat bekerja kapan saja (siang dan malam) karena mereka dapat dihubungi kapan saja, dimana saja. Anggapan ini dapat berakibat tidak sehat pada karyawan yang bersangkutan.

Oleh karena itu , dengan digunakan nya wireless , maka kita ridak lagi mempunyai batasan ruang dan waktu yang cukup kentara , karena kita semua dengan menggunakan teknologi wireless tanpa kita sadari telah saling terhubung satu sama lain . Dapat saling berbagi informasi satu sama lain juga .

  • Pada Dunia Bisnis dan Akuntansi

A.Bisnis : organisasi yang menyediakan barang atau jasa untuk dijual dengan masud mendapatkan laba ,dalam artian ini kegiatan dan pengerjaan dalam mendapatkan keuntungan (Ricky Griffin,Business, 2007: 4).

Teknologi adalah komponen pendukung dan penunjang berjalannya proses-proses bisnis internal perusahaan.teknologi mengarahkan dan memiliki peran secara langsung bagi perusahaan, dalam meningkatkan keuntungan dan pendapatan bisnis

Bisnis bergantung pada teknologi . Disini dimaksudkan bahwa dunia bisnis sangat dipengaruhi oleh dunia teknologi . Perkembangan suatu bisnis akan bergerak cepat di suatu perusahaan apabila perusahaan tersebut mengikuti perkembangan teknologi dengan cepat pula . Maka , perkembangan wireless pun akan sangat berpengaruh cepat pada dunia bisnis .

Pencatatan akuntansi yang telah dicatat pada software akuntansi perlu kita sampaikan pada klien perusahaan dan staf staf lain yang berada di suatu perusahaan . Dlama penyampaian informasi nya ini , kita tidak lagi membutuhkan tenaga fisik untuk penyampaiannya . Melainkan teknologi internet lah yang berperan dalam hal ini . Yang sering kita gunakan mungkin adalah jaringan yang menggunakan kabel . Tetapi hal itu mungkin akan mengakibatkan suatu kesulitan , karena sambungan sambungan kabel yang timpang tingih dapat mengakibatkan gangguan .

Dengan menggunakan teknologi wireless , kita tidak akan lagi mengalami kesulitan tersebut,karena tidak ada lagi sambungan kabel yang saling menghubungkan satu sama lain . Penyamaian pencatatan laporan keuangan pun dapat dilakukan dengan mudah . Tanpa harus terhubung dengan kabel pada satu komputer dan komputer lain misalnya.

Selain dalam hal tersebut , wireless berperan penting dalam komponen lomponen bisnis lainnya . Seperti dalam bidang pemasaran . Internet telah menguasai sebagai media penyampaian yang paling optimal sampai sekarang ini . Maka , secara otomatis ,pemasaran melalui internet adalah hal yang tepat . Banyak tempat yang mewadahi kita di internet dalam hal pemasaran . Kita dapat menciptakan web sendiri untuk melakukan pemasaran bisnis kita . Tetapi juga kita dapat memanfaatkan blog sebagai sarana bisnis yang menjanjikan untuk kita . Seperti yang dilansir oleh Ridwan Senjaya (Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katholik Soegijapranata :2007) "Pemanfaatan blog tak lagi terbatas pada kalangan individu semata. Beberapa perusahaan besar seperti Microsoft, IBM, Kecap Bango, Elexmedia telah memanfaatkan untuk kepentingan bisnis mereka. Ini merupakan perkembangan positif dari fungsi blog sekaligus membuktikan bahwa blog tidak kalah dengan website."

Begitu juga yang dikatakan Steve Largent, selaku President & CEO CTIA (:2009) "Apapun bidangnya mulai dari dunia kesehatan, layanan keuangan, entertainment, energi hingga layanan transportasi," Dalam pernyataan nya ini ia memaksudkan bahwa wireless sangat bersangkutan dengan dunia industri dan bisnis . Mulai dari komunitas pengguna, operator telekomunikasi, pengembang aplikasi, dan
industri manufaktur. Di tempat ini, mereka diharapkan dapat berdialog, berbagi ilmu,
jika perlu berdebat untuk mencari jalan terbaik dalam menjalankan mobile business.

Penggunaan wireless ini terasa begitu optimal bagi dunia bisnis dan akuntansi . Karena tidak dibutuhkan biaya yang cukup besar dalam pengoperasiannya , juga penggunaan waktu yang efisien .

B. Akuntansi : proses identifikasi , pencatatan , dan peng komunikasian (segala transaksi yang berhubungan dengan keuangan dalam suatu perusahaan atau organisasi yang memerlukan) atau ,

Akuntansi : pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah.

Dalam pencatatannya , akuntansi membutuhkan teknologi .Termasuk dalam pembuatan Lembar kerja yang adalah tabel informasi/data berbentuk kotak dengan baris dan kolom yang berisi penghitungan-penghitungan yang digunakan untuk melakukan analisa komparatif. Bentuk analisa dan perhitungan yang lain dapat berupa analisa statistik, perhitungan akuntansi, dan lain sebagainya.

Dalam penggunaannya , perangkat lunak (software) akuntansi memiliki banyak fitur baik yang dibuat dari dalam negeri maupun luar negeri , seperti :

  • Multi User
  • Multi Company
  • Berbagai Bahasa
  • Database
  • Multi Cabang
  • Multi Currency
  • Modul AR, AP, GL, Stock, Payroll, dll

Yang sebenarnya bertujuan untuk membuat laporan keuangan dan laporan laba-rugi (dimana kita dapat melihat apakah suatu perusahaan tersebut laba atau rugi)

Contoh lembar kerja pada open Office

(Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Spreadsheet)

Ron Hayward yang merupakan pendiri WAG juga merupakan Pendiri software akuntansi nirkabel ConnectiX yang merupakan komponen kunci dari sistem WAG. Ron telah menjadi Microsoft Partner anggota Dewan Penasehat dan telah menjadi penginjil Wireless Akuntansi sejak pertama packet switch (GPRS) Mobile Umum Jaringan mobile data yang disediakan untuk memungkinkan perangkat PDA untuk bertindak sebagai tangan kecil komputer diadakan dan telepon dalam satu.
Hal ini juga membuktikan bahwa akuntansi tidak dapat dipungkiri bahwa wireless sangat erat hubungannya dengan akuntansi . Program akuntansi yang berlangsung secara wireless pun telah tersedia .

Yang dengan begitu memudahkan kita dalam penyampaian laporan keuangan . Dan melakukan posting keluar masuknya pencatatan transaksi yang dimulai dari :

trial balance adjusting adjusted trial balance financial statement

transaction Reversing entries Closing entries

Yang dimana ini merupakan siklus pencatatan keuangan ,yang akan terasa sulit apabila dilakukan secara manual . Maka, dengan menggunakan teknologi wireless ini dapat mempermudah semua aktifitas/transaksi keuangan .

Kesimpulan :

Teknologi wireless membantu dan memudahkan kita dalam melakukan suatu kegiatan dalam segala aspek dan bidang . Dimulai dari aspek kegiatan kehdupan kta sehari-hari , komunikasi antar individu ataupun antar kelompok , kegiatan mem posting dalam akuntansi , juga dalam bidang bisnis , yang ternyata berpengaruh cukup besar . Perkembangan wireless yang diperkirakan akan terus berkembang (dimulai dati tahun 2006 sampai sekarang) dan di masa depan . Akan terus membantu kegiatan manusia menjadi lebih mudah .

Dengan tidak menggunakan kabel , wireless akan cenderung sedikit mengalami masalah yang rumit . Dalam teknologi komunikasi pun jarak yang ada akan terasa semakin kecil . Dan kemudahan berkomunikasi akan semakin terasa . Begitu pula dalam dunia bisnis . Bisnis akan berkembang pesat dengan adanya internet , internet akan bergerak cepat dengan adanya wireless . Maka perkembangan bisnis pun akan semakin terasa dengan adanya teknologi wireless . Meskipun dibalik itu semua ada beberapa kelemahan dari teknologi wireless ini .

Oleh karena itu , teknologi wireless yang telah ada saat ini lebh baik kita gunakan secara optimal . Yaitu menggunakan secara bijak , untuk kepentingan bersama yang bersifat baik . Dan mengikuti perkembangannya dalam mengembangkan komunikasi kita , dan tentu juga dalam pengembangan dunia bisnis yang ada .

Teks asli Inggris

WAG has carefully defined the Vertical markets that benefit from the WAG solution and has ensured that its members have the required skills by a combination of experience and training to service these markets.

id="FALINK_2_0_1" border=0 v:shapes="_x0000_i1040"> Sarankan terjemahan yang lebih baik

Referensi :

http://lfikri.wordpress.com/2010/04/09/sejarah-dan-perkembangan-teknologi-wireless/

http://en.wikipedia.org/wiki/Wi-Fi

http://www.lombalomba.com/search/artikel+teknologi+wireless+untuk+akuntansi

http://www.suaramerdeka.com/harian/0709/28/eko04.html

http://blogridwan.sanjaya.org/2007/09/pemasaran-melalui-blog-lebih-efektif.html

http://internetmarketers.multiply.com/journal/item/5

http://abdulsalamserbakomunikasi.blogspot.com/2010/02/perkembangan-teknologi-komunikasi.html

http://khaulahvolunteer.multiply.com/journal/item/2/Perkembangan_Teknologi_Komunikasi

http://wirelessaccounting.net/Info.aspx?id=AboutUs

http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi

http://www.scribd.com/doc/14565740/pengenalan-teknologi-komunikasi

http://id.wikipedia.org/wiki/Akuntansi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar